Steroid Oral !!! Pengobatan Lini Pertama yang Aman dan Efektif untuk Pasien Asam Urat Akut

Gout: Photo credit: IVAN LIAN / FLICKR

Steroid oral memiliki efektivitas mirip dengan obat oral anti-inflamasi non-steroid (AINS) untuk menghilangkan rasa sakit pada pasien gout atau asam urat akut, menurut sebuah percobaan yang diterbitkan oleh Annals of Internal Medicine (AIM).

Terbaru pada uji double-blind randomized menunjukkan bahwa kedua steroid oral dan AINS  oral memiliki efek yang sama penghilang rasa sakit di gout, tetapi perbedaan hasilnya kecil dan memiliki keterbatasan metodologis lainnya.

Metodologi:
Dalam uji coba multicenter, peneliti membandingkan efektivitas dan keamanan prednisolon oral dibandingkan indometasin oral pada 416 pasien dewasa dengan gout akut. Pasien secara acak ditugaskan untuk mengkonsumsi baik prednisolon atau indometasin, dengan ini peneliti maupun pasien tidak mengetahui mana obat diberikan. Pasien pada kedua kelompok melaporkan nyeri yang sama dengan tidak ada efek samping yang serius.

Kesimpulan:
Para peneliti menyimpulkan bahwa steroid oral adalah pengobatan lini pertama yang aman dan efektif untuk pasien dengan gout atau asam urat akut.

Reference: Dr. Timothy Rainer. Steroid pill safe and effective first-line treatment for acute gout. Annals of Internal Medicine. 2016

Copyright 2012 Medimoon.com. All rights reserved. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s